"bukan ustadz ataupun ulama,hanya pencetus fatwa semena mena"

Jumat, 08 April 2011

Menuju Industri Musik Cadas yg Lebih Profesional


Halo Juragan semua, terutama bagi yang mengaku METALHEAD

ini gw dapat dari hasil diskusi di forum FB.
penting banget gan!!!!

ini menyangkut perkembangan musik cadas di Indonesia. Masak kita cuma ngomongin scene luar negeri aja????

Sementara scene metal di US dan Eropa bisa kuat gitu, kenapa kita nggak???

Singkirkan semboyan "MUSIK BUKAN BUAT JUALAN" !!!
ini bukan jamannya idealisme sempit seperti itu.
Kita harus lebih bisa meluaskan pola pikir kita!!!

Maksudnya di sini bukan berarti bahwa kita harus membesarkan metal dan menjadikannya masalah selling out yang ecek-ecek dan kehilangan identitas.
Industri musik metal harus besar, tapi jelas bakal tetap punya identitas.

Gampangnya gini:
---kalo emang para musisi itu butuh duit dari karya mereka, kenapa kita di sini malah meneriakkan semboyan MUSIK BUKAN BUAT JUALAN???????-----

gitu aja gampangnya.
dengan kita mau meluaskan pola pikir, itu udah langkah awal kita untuk bisa mendukung industri musik cadas di tanah air.

oke...
ini dari seorang Metalhead sekaligus musisi : Ezra L Simanjuntak. Dia personil Zi Factor. Dan dia udah merintis perjuangan dia selama bertahun-tahun sejak dia masih di US, dan langkah yg udah dia ambil gak maen-maen!!!!!!

1. 10/4’09
Metal Indonesia hrs bersatu spy qt bisa bangun industri & bisnisnya sprti layaknya sebuah industri musik lainnya kayak diluar negeri, USA & Eropah. Sekrg ini metal dianak-tirikan oleh pihak mainstream Indonesia walaupun pasarnya cukup besar krn para major labels disini ga ngerti pasarnya maupun musik metal itu sendiri!! Dari tahun '94 stlh gw masukkin Rotor ke Warner Music di M'sia (krn waktu itu belum ada cabang majors disini, cuma lisensi2 ke label lokal aja) & dpt kontrak edar 5 album ke 4 negara (Indo, M'sia, S'pore & Thailand), gw bermaksud tuk bantu buka jalan dgn Rotor jd band underground pertama dr Indonesia yg diedar major label international. Tp sejak gw pindah ke Indonesia tahun '96 yg gw liat nyaris ga ada perubahan nyata dr segi industri walaupun byk perkembangan dr komunitas metal & indie label2.. Sekrng gw juga berjuang dgn indie label gw sendiri & band gw, Zi Factor dari nol. Ga ada cara lain kecuali dgn bersatu, ngebina sistem & mencari solusi tuk jd industri!

2.12/4/’09
Kalo bikin alliance tuk jalur distribusi gw setuju banget.. Good idea. Apalagi bukan sebatas distribusi tp jg memberdayakan jejaring komunitas, koneksi media, internet dll tuk informasi & promosi. Trus tuk indie2 label ada baiknya langkah pertama ada forum tuk tukar fikiran & sharing pengalaman & solusi. Mungkin ini udah ada & gw ga tau, tp forum yg gw maksud menuju think-tank yaitu membentuk aliansi komite yg memikirkan solusi tp ga formil & ga protokolir bukan cuma forum 'curhat'an aja. You know 'byk ngomong, ga ada aksi'. Ke-2 is to understand betapa pentingnya meningkatkan kualitas 'entertainment value' show2 metal & tuk memformulasikan langkah2 praktis/ real to make it happen krn itu yg jadi tolak ukur pasar begitu jg dgn kualitas recording. Kalah ama major label krn rata2 indie produksinya jelek itu ga lucu buat gw! Gw dah buktikan dgn komputer biasa di kamar tidur hasil band gw Zi Factor apa adanya udah melewati the majors!!!

diskusinya masih berlangsung ampe sekarang di FB.
gw kasih sekalian link-nya

http://www.facebook.com/topic.php?topic=8486&post=32432&uid=59947988916#/topic.php?uid=59947988916&to pic=8271
intinya:
komunitas-komunitas metal di Indonesia sekarang harus udah mulai mau bersatu memberi support.
Sampe sekarang kita masih banyak yang jalan sendiri-sendiri.
Dan masih banyak yg (terpaksa maupun tidak), masih menerapkan prinsip DIY, Do It Yourself.

Prinsip kemandirian itu gak jelek, tapi........
Ayolah friends, sistem ekonomi kita masih berbentuk kapitalisme, sudah selayaknya industri musik cadas juga bisa menjadi kuat di Indonesia. Kita udah punya banyak band bagus, industrinya aja yg blom berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar